KH. Ahmad Basyir, Ngaji Riwayah dan Diroyah
بدلائل الخيرات كن متمسكا
والزم قرأتها تنل ما تبتغى
Ulama’ adalah pewaris para nabi. Ia mamainkan peran yang tidak sedikit dalam masyrakat. Sebagai center of attention in Islamic civilization
(figure sentral dalam masyarakat Islam ) ulama’ tak obahnya pengayom
masyarakat yang perannya selalu dirindukan. Dalam lokalitas masyarakat
manapun keberadan ulama’ menjadi unsur yang paling menentukan bagi
nafas hidup wilayah itu. Kudus, eksistensinya sebagai kota santri tetap
survive karena keberadaan para ulama’ yang
selalu mengayomi. Maka tak heran jika Kudus menjadi simpul keilmuan
para santri baik dari dalam, maupun luar daerah. Tak ubahnya Kudus menjadi surga bagi santri mengapa? Karena Kudus adalah gudang
ulama’ khos. Banyak ulama’ di Kudus yang menjadi simpul peraduan
masyarakat salah satu diantaranya adalah KH. Ahmad Basyir.
Masa kecil
30 november 1924 M silam adalah hari
yang paling indah bagi pasutri Kyai Muhammad Mubin dan Nyai Dasireh.
Hari itu, lahir seorang bayi mungil yang kelak menjadi orang besar,
ulama’ yang berpengaruh di tengah masyarakat, menjadi rujukan banyak
orang dari berbagia penjuru tanah air. Oleh kedua orang tuanya, bayi
itu dititihkan nama Ahmad Basyir, orang yang menyuguhkan nafas
kebahagian bagi umat. Kelahiran beliau adalah “anugerah” terindah, bukan
hanya bagi kedua orang tuanya, namun juga banyak kaum muslimin
diseluruh tanah air.
Memburu ilmu
Saat usia kanak-kanak, KH. Ahmad Basyir mengenyam pendidikan formal di Veer Folex Schooll (sekarang
SD) dan menamatkan jenjang kelas V. Pada saat itu belum ada jenjang
kelas VI. Sekolah tempat KH.Ahmad Basyir mengenyam pendidikan formal itu
sekarang menjadi SD Negeri 1 Jekulo. Selama mengenyam pendidikan di
sana, beliau acapkali menjadi juara kelas. Karena prestansinya yang
begitu gemilang, beliau pernah ditawari untuk diambil anak oleh gurunya
di sekolah itu. Tujuannya akan dididik untuk jadi guru di sekolah itu.
Usai menamatkan pendidikan di Veer Folex Schooll, beliau melanjutkan pendidikan non formal di madrasah Diniyyah yang sekarang bernama Tarbiyatus Sibyan. Di
madrasah ini beliau dididik oleh para Kyai sepuh, diantaranya adalah
KH.Dahlan. di luar aktifitas belajar di madrasah Diniyyah, beliau
mengaji kepada KH. Mansyur Kaelani, KH. Yasin, K. Hudlori dan KH.
Zainuddin.
Dalam bidang Al-Qur’an, masa
muda beliau berguru kepada Kyai Muhammad Mubin (ayahnya sendiri) dan
Kyai Mukhib, dan pentashihan Al-Qur’an kepada KH. Mansyur Jekulo.
Selain rasa haus beliau
terhadap ilmu, ketika masih remaja, beliau juga mulai gemar berziarah
kemakam-makam para wali, seperti Sunan Kudus, Sunan Muria, makam mbah
Ahmad Mutamakkin Kajen, dan makam para wali di Jekulo, diantaranya, Mbah
Abdul Jalil, Mbah Abdul Qohhar, Mbah Sewonegoro, Mbah Sanusi, Mbah
Yasin, Mbah Ahmad, Mbah Rifa’I dan Mbah Suryo Kusumo (Mejobo), yang
tidak pernah beliau tinggalkan hingga sekarang. Itu adalah perwujudan
rasa ta’dzim beliau kepada para Masyayeh dan Auliya’.
Termasuk tradisi beliau saat
masa mudanya adalah silaturrahim kepada para Ulama’, seperti KH. Hamid
Pasuruan. Beliau juga sering mengikuti khataman Al Qur’an bersama Mbah
Arwani Kudus, baik di Kudus maupun di luar daerah.
Sebelum betul-betul menetap dalam
menimba ilmu di PP. Bareng 1923 (sekarang PP. Al Qaumaniyah), pada tahun
1940 M beliau juga sempat nyantri dan menghatamkan Alfiyah di PP.
Kenepan Langgar Dalem Kudus, waktu itu beliau berguru dengan KH. Ma’mun
Ahmad, menghatamkan Al Qur’an kepada KH. Arwani Amin serta berguru
kepada para Masyayeh di sekitar Kudus, diantaranya adalah KH. Irsyad
dan KH. Khandiq, kakak dari KH. Turaichan Adjhuri Kudus.
Saat beliau masih usia remaja, Mbah
basyir sering mengikuti Romonya mengajar di Pesantren, oleh ibunya Nyai
Dasireh Kyai Basyir kecil juga sering diajak sowan kepada Mbah Yasin
saat itulah beliau diwejangi oleh Mbah Yasin agar beliau mengurungkan
niatnya menjadi guru sekolah. Beliau diajak oleh mbah Yasin agar nyantri
pada mbah beliau, si mbah yasin itulah yang mengukir jiwa mbah Basyir.
Mulai saat itu mbah Basyir mengabdi pada
mbah Yasin mulai dari abdi dalem hingga jadi qori’, menjadi badal mbah
Yasin mengajar para santri. Sejak saat itu, terkenal tiga serangkai
ulama’ yang termasyhur, yaitu Kyai Muhammad, putra mbah Yasin, Kyai
Hanafi menantunya, dan mbah Basyir sebagai lurah pondoknya. Pada waktu
nyantri pada mbah Yasin beliau juga menimba ilmu pada KH. Muhammadun
Pondohan Tayu.
Aktivis
Semas mudanya sekitar tahun 1944-1945 M.
beliau bergabung dalam BPRI ( badan perjuangan republic Indonesia)
sebuah organisasi pemuda yang gigih memperjuangkan kemerdekaan RI saat
itu BPRI dipimpin oleh bapak karmain dan bapak mulyadi jekulo. Sebelum
masuk BPRI beliau masuk organisasi GPII ( gerkan pemuda islam Indonesia)
Masa perjuangan kemerdekaan
saat itu, beliau faham betul, karena beliau adalah pelaku sejarah. Saat
itu, kiayi basyir menjabat ketua pondok. Setiap ada pejuang yang
ditahan direndenga, beliau bergegas mengupayakan sesuatu untuk
membebaskannya.
Dalam pengembaraannya untuk tolabul ilmi
pada tahun 1949 M. beliau kembali ke daerah jekulo dan kembali nyantri
di popes bareng jekulo asuhan kiayi H yasin. Sembari menimba ilmu,
beliau mengabdi kepada kh. Yasin. Semua urusan mbah yasin beliau yang
mengurusi. Bahkan, menyimpan uang sekalipun dipercayakan kepada mbah
basyir. Suatu ketika mbah yasin waktu itu menderita penyakit bawasir.
Dalam kondisi ini, mbbah basir selalu ada untuk merawat beliau.
Kiayi basir dapat banyak
mendapatkan pelajaran berharga dari pengabdiannya pada simbah yasin.
Beliau tidak hanya mengaji riwayah, tetapi juga mengaji dirayah.
Sembari mengaji dan
mengabdi, beliau melakukan riyadhah puasa tahunan, ijazah dari mbah
yasin. Adab beliau pada sang guru begitu luar biasa. Konon, setiap
merampungkan riyadah puasa berliau tidak berani meminta khizib ibi atau
itu. Beliau matur kepada simbah yasin,” kulo sampun ba’do siyam”, tidak
“nyuwun niki niku”
“Ini rasa ta’dhim kepada
guru” inilah cara orang dahulu dalam ta’dhgim kepada guru, bagaimana
mereka merasakan ilmunya,” ujuar kiayi KH. Ahmad badawi (putra kiayi
basyir).
KH basyir menghabiskan masa
mudanya sebagai santri, abdi kiayi, hari beliau dipenuhi dengan
rutinitas berlajar, pekerjaan keseharian danpuasa. Rutin dengan riyadha
selama puluhan thahun, pada th 1958 M oleh KH yasin beliau diserahi
ijaZah dalail khoiroit beserta khizib-khizibnya.
Mendirikan pesantren
Pada tahun
1969M. bersama dengan kiayi lain, beliau mendirikan madrasah diniyah Nurul Ulum Jekulo Kudus. Nama nurul ulum merupakan pemberian KH. Cholil.
Madrasah tersebut dipimpin kyai Khalimi dengan guru-gurunya adalah K. Cholil, KH. Khalimi, KH. Ahmad Basyir, dan K Mahin
Tahun 1970 M. beliau
mendirikan pesantren Darul Falah yang bertempat disebelah utara masjid
kauman jekulo. Cikal pesantren ini merupakan wakaf dari H. Basyir. H. Basyir memberi wakaf bangunan kuno kepada K Ahmad Basyir. Kemudian
bangunan itu dijadikan pondok pesantren yang diberi nama DARUL FALAH,
tepatnya pada tanggal 1 januari 1970 M.
Berkeluarga
KH. Ahmad Basyir menikah
dengan Hj. Sholikhah binti KH. Abdul Ghoni yang lahir didesa Hadiwarno Mejobo Kudus pada tanggal 31 desember 1946 M. pernikahannya dengan Nyai
Hj. Sholihah ini dikaruniai Sembilan anak.
Dimata keluarga, kyai Basyir adalah sosok ayah yang penyanyang. Beliau selalu memberi teladan
kepada keluaganya. Keuletan dan kesabaran beliau menjadi inspirasi bagi
putra putrinya. Sosok K Basyir di tengah keluarga tidak sekedar kepala
rumah tangga, tetapi juga sosok idola yang menjadi inspirasi teladan
putra-putrinya.
K. Basyir adalah sosok ayah
yang bertanggung jawab, penuh dedikasi dan berfikir progresif.
Perjuangan beliau untuk keluarga tak pernah letih, apalagi putus asa.
Tidak sedikit perjuangan beliau untuk anak anaknya. Pada saat itu
dibareng tidak ada tradisi sekolah. Sekolah formal di mata masyarakat
bareng adalah tabu. Kendati demikian K Basyir menyurau anaknya sekolah.
Setiap pagi beliau menggayuh sepeda hingga kudus kulon untuk
mengantarkan putrinya sekolah. Saat itu beliau menyekolahkan putrinya
dimadrasah Mualimat. Di mata masyarakat. KH. Ahmad Basyir , sosok yang
moderat dan menjadi pembaharu.
Menghadapi masyarakat beliau
tampil khas dan kharismatik. Kedatangan tamu yang beragam jenis dari
berbagai penjuru, dengan karakte masing masing, dengan membawa masalah
yang kompleks, beliau menghadapinya dengan santun dan hormat tanpa
membedakan.
Beliau orang yang tidak
pemarah, dikerutan wajahnya yang bersinar itu, beliau selalu tersenyum
segar. Senyum itu menjadi siraman rohani bagi orang yang beliau temui.
Di mata santri dan masyarakat beliau adalah dermawan. Komitmen beliau
jangan sampai santri rekoso dalam belajar. Beliau menangisi
(memperjuangkan) anak dan santri (sungguh) luar biasa. Ujar KH. Badawi.
KH. Ahmad Basyir memegang falsafah ilmu itu harus diamalkan walau hanya
satu kali, kalau ingin manfaat.
Teladan
KH. Ahmad Basyir adalah teladan yang patut kita contoh. Beliau adalah seorang ulama’
yang mentradisikan riyadhoh (laku prihatin) sejak mudanya hingga
sekarang. Tradisi itu masih beliau pegangi hingga usia ke 88 tahun ini.
Keseharian beliau dihabiskan untuk beribadah, berjama'ah, ngucal kitab
kuning, ziarah, menyuguh tamu serta selebihnya untuk keluarga dan
masyrakat.
Saat malam hari sehabis mendidik santri
beliau istirahat sesaat. Disaat orang tertidur lelep beliau dipastikan
bangun ba’da nisfu lail beliau melakukan rutinitas beliau seperti wirid,
sholat malam dan ibadah lainnya hingga waktu subuh tiba. Saya tidak
pernah melihat mbah Basyir tidur setelah jam dua belas malam. Ujar KH M. Jazuli.
Sehabis menjadi imam jamaah
sholat subuh di Masjid baitussalam, rutinitas beliau adalah berziarah ke
makam masyayeh dan auliaya' sebagai guru beliau, yang sampai saat ini
tidak pernah beliau tinggalkan. Itu adalah bentuk ta’dhim beliau tehadap
para ulama’ yang telah mewariskan ilmu kepada beliau. Pada masa muda
beliau terbiasa dengan puasa Dalail Khairat dan riyadhah lainnya, sampai
akhirnya beliau diutus menjadi mujiz Dalail Khairat.
Enome riyalat, tuwo nemu derajat, riyalat kuwi jiret weteng nyengkal moto
demikian beliau memberi penyegaran rohani kepada para santri yang hendak
mengamalkan tradisi riyadhah. Baik puasa dalail maupun riyadhah lainnya.
Menurut KH. Jazuli ungkapan itu diartikan sebagai bentuk usaha yang
sungguh ketika masih muda baik dalam menuntut ilmu dan riyadah, ketika
sampai waktunya orang tersebut akan mendapat kesuksesan baik dunia
maupun akhirat. Rasa ta’dhim yang beliau agungkan saat ini juga
merupakan suri teladan yang niscaya kita teladani. Yang beliau
tradisikan hingga saat ini adalah berziarah ke makam para auliya di
lingkungan Jekulo, yang merupakan guru guru beliau. Disinilah simpul
hubungan guru dan murid yang tak pernah putus, terus berkesinambungan.
Banyak hal kida dapat
teladani dari beliau, mulai dari kegigihan menuntut ilmu, kreatifitas
hidup, perjuangan hingga akhlaqul karimah yang menjadi tempat kita
berkiblat.
( Nur Yansyah )
Sumber : http://at-turats.com
Terimakasih pada Romo Yai Basir, atas ilmunya pada kami, semoga cepat sembuh dan diberi umur yang panjang, karena kita sangat butuh sekali keberadaan beliau.
BalasHapusAssalamualaikum. Mohon maaf sy mau bertanya. Jika suami sy melaksanakan puasa dhalail. Apakah tdk boleh melakukan kwjb memberi nafkan batin thd istri nya. Mohon jwbn nya. Wassalam
BalasHapus