Salam

Kamis, 17 Mei 2012

KH. Ahmad Basyir Jekulo Kudus

KH. Ahmad Basyir, Ngaji Riwayah dan Diroyah


بدلائل الخيرات كن متمسكا        والزم قرأتها تنل ما تبتغى

Ulama’ adalah pewaris para nabi. Ia mamainkan peran yang tidak sedikit dalam masyrakat. Sebagai center of attention in Islamic civilization (figure sentral dalam masyarakat Islam ) ulama’ tak obahnya pengayom masyarakat yang perannya selalu dirindukan. Dalam lokalitas masyarakat manapun keberadan  ulama’ menjadi unsur yang paling menentukan bagi nafas hidup wilayah itu. Kudus, eksistensinya sebagai kota santri tetap survive karena keberadaan para ulama’ yang selalu mengayomi. Maka tak heran jika Kudus menjadi simpul keilmuan para  santri baik dari dalam, maupun luar daerah. Tak ubahnya Kudus menjadi surga bagi santri mengapa? Karena Kudus adalah gudang ulama’ khos. Banyak ulama’ di Kudus yang menjadi simpul peraduan masyarakat salah satu diantaranya adalah KH. Ahmad Basyir.

Masa kecil
30 november 1924 M silam adalah hari yang paling indah bagi pasutri Kyai Muhammad Mubin dan Nyai Dasireh. Hari itu, lahir seorang bayi mungil yang kelak menjadi orang besar, ulama’ yang berpengaruh di tengah masyarakat, menjadi rujukan banyak orang dari berbagia penjuru tanah air. Oleh kedua orang tuanya, bayi itu dititihkan nama Ahmad Basyir, orang yang menyuguhkan nafas kebahagian bagi umat. Kelahiran beliau adalah “anugerah” terindah, bukan hanya bagi kedua orang tuanya, namun juga banyak kaum muslimin diseluruh tanah air.


Memburu ilmu
            Saat usia kanak-kanak, KH. Ahmad Basyir mengenyam pendidikan formal di Veer Folex Schooll (sekarang SD) dan menamatkan jenjang kelas V. Pada saat itu belum ada jenjang kelas VI. Sekolah tempat KH.Ahmad Basyir mengenyam pendidikan formal itu sekarang menjadi SD Negeri 1 Jekulo. Selama mengenyam pendidikan di sana, beliau acapkali menjadi juara kelas. Karena prestansinya yang begitu gemilang, beliau pernah ditawari untuk diambil anak oleh gurunya di sekolah itu. Tujuannya akan dididik untuk jadi guru di sekolah itu.
            Usai menamatkan pendidikan di  Veer Folex Schooll, beliau melanjutkan pendidikan non formal di madrasah Diniyyah yang sekarang bernama Tarbiyatus Sibyan. Di madrasah ini beliau dididik oleh para Kyai sepuh, diantaranya adalah KH.Dahlan. di luar aktifitas belajar di madrasah Diniyyah, beliau mengaji kepada KH. Mansyur Kaelani, KH. Yasin, K. Hudlori dan KH. Zainuddin.
            Dalam bidang Al-Qur’an, masa muda beliau berguru kepada Kyai Muhammad Mubin (ayahnya sendiri) dan Kyai Mukhib, dan pentashihan Al-Qur’an kepada KH. Mansyur Jekulo.
            Selain rasa haus beliau terhadap ilmu, ketika masih remaja, beliau juga mulai gemar berziarah kemakam-makam para wali, seperti Sunan Kudus, Sunan Muria, makam mbah Ahmad Mutamakkin Kajen, dan makam para wali di Jekulo, diantaranya, Mbah Abdul Jalil, Mbah Abdul Qohhar, Mbah Sewonegoro, Mbah Sanusi, Mbah Yasin, Mbah Ahmad, Mbah Rifa’I dan Mbah Suryo Kusumo (Mejobo), yang tidak pernah beliau tinggalkan hingga sekarang. Itu adalah perwujudan rasa ta’dzim beliau kepada para Masyayeh dan Auliya’.
            Termasuk tradisi beliau saat masa mudanya adalah silaturrahim kepada para Ulama’, seperti KH. Hamid Pasuruan. Beliau juga sering mengikuti khataman Al Qur’an bersama Mbah Arwani Kudus, baik di Kudus maupun di luar daerah.
Sebelum betul-betul menetap dalam menimba ilmu di PP. Bareng 1923 (sekarang PP. Al Qaumaniyah), pada tahun 1940 M beliau juga sempat nyantri dan menghatamkan Alfiyah di PP. Kenepan Langgar Dalem Kudus, waktu itu beliau berguru dengan KH. Ma’mun Ahmad, menghatamkan Al Qur’an kepada KH. Arwani Amin serta berguru kepada para Masyayeh di sekitar Kudus, diantaranya adalah  KH. Irsyad dan KH. Khandiq, kakak dari KH. Turaichan Adjhuri Kudus.
Saat beliau masih usia remaja, Mbah basyir sering mengikuti Romonya mengajar di Pesantren, oleh ibunya Nyai Dasireh Kyai Basyir kecil juga sering diajak sowan kepada Mbah Yasin saat itulah beliau diwejangi oleh Mbah Yasin agar beliau mengurungkan niatnya menjadi guru sekolah. Beliau diajak oleh mbah Yasin agar nyantri pada mbah beliau, si mbah yasin itulah yang mengukir jiwa mbah Basyir.
Mulai saat itu mbah Basyir mengabdi pada mbah Yasin mulai dari abdi dalem hingga jadi qori’, menjadi badal mbah Yasin mengajar para santri. Sejak saat itu, terkenal tiga serangkai ulama’ yang termasyhur, yaitu Kyai Muhammad, putra mbah Yasin, Kyai Hanafi menantunya, dan mbah Basyir sebagai lurah pondoknya. Pada waktu nyantri pada mbah Yasin beliau juga menimba ilmu pada KH. Muhammadun Pondohan Tayu.

Aktivis
Semas mudanya sekitar tahun 1944-1945 M. beliau bergabung dalam BPRI ( badan perjuangan republic Indonesia) sebuah organisasi pemuda yang gigih memperjuangkan kemerdekaan RI saat itu BPRI dipimpin oleh bapak karmain dan bapak mulyadi jekulo. Sebelum masuk BPRI beliau masuk organisasi GPII ( gerkan pemuda islam Indonesia)
            Masa perjuangan kemerdekaan saat itu, beliau faham betul,  karena beliau adalah pelaku sejarah. Saat itu, kiayi basyir menjabat ketua pondok. Setiap ada pejuang yang ditahan direndenga, beliau bergegas mengupayakan sesuatu untuk membebaskannya.
            Dalam pengembaraannya untuk tolabul ilmi pada tahun 1949  M. beliau kembali ke daerah jekulo dan kembali nyantri di popes bareng jekulo asuhan kiayi H yasin. Sembari menimba ilmu, beliau mengabdi kepada kh. Yasin. Semua urusan mbah yasin beliau yang mengurusi. Bahkan, menyimpan uang sekalipun dipercayakan kepada mbah basyir. Suatu ketika mbah yasin waktu itu menderita penyakit bawasir. Dalam kondisi ini, mbbah basir selalu ada untuk merawat beliau.
            Kiayi basir dapat banyak mendapatkan pelajaran berharga dari pengabdiannya pada simbah yasin. Beliau tidak hanya mengaji riwayah, tetapi juga mengaji dirayah.
            Sembari mengaji dan mengabdi, beliau melakukan riyadhah puasa tahunan, ijazah dari mbah yasin. Adab beliau pada sang guru begitu luar biasa. Konon, setiap merampungkan riyadah puasa berliau tidak berani meminta khizib ibi atau itu. Beliau matur kepada simbah yasin,” kulo sampun ba’do siyam”, tidak “nyuwun niki niku”
            “Ini rasa ta’dhim kepada guru” inilah cara orang dahulu dalam ta’dhgim kepada guru, bagaimana mereka merasakan ilmunya,” ujuar kiayi KH. Ahmad badawi (putra kiayi basyir).
            KH basyir menghabiskan masa mudanya sebagai santri, abdi kiayi, hari beliau dipenuhi dengan rutinitas berlajar, pekerjaan keseharian danpuasa. Rutin dengan riyadha selama puluhan thahun, pada th 1958 M oleh KH yasin beliau diserahi ijaZah dalail khoiroit beserta khizib-khizibnya.

Mendirikan pesantren
            Pada tahun 1969M. bersama dengan kiayi lain, beliau mendirikan madrasah diniyah Nurul Ulum Jekulo Kudus. Nama nurul ulum merupakan pemberian KH. Cholil. Madrasah tersebut dipimpin kyai Khalimi dengan guru-gurunya adalah K. Cholil, KH. Khalimi, KH. Ahmad Basyir, dan K Mahin
            Tahun 1970 M. beliau mendirikan pesantren Darul Falah yang bertempat disebelah utara masjid kauman jekulo. Cikal pesantren ini merupakan wakaf dari H. Basyir. H. Basyir memberi wakaf bangunan kuno kepada K Ahmad Basyir. Kemudian bangunan itu dijadikan pondok pesantren yang diberi nama DARUL FALAH, tepatnya pada tanggal 1 januari 1970 M.

Berkeluarga
            KH. Ahmad Basyir menikah dengan Hj. Sholikhah binti KH. Abdul Ghoni yang lahir didesa Hadiwarno Mejobo Kudus pada tanggal 31 desember 1946 M. pernikahannya dengan Nyai Hj. Sholihah ini dikaruniai Sembilan anak.
            Dimata keluarga, kyai Basyir adalah sosok  ayah yang penyanyang. Beliau selalu memberi teladan kepada keluaganya. Keuletan dan kesabaran beliau menjadi inspirasi bagi putra putrinya. Sosok K Basyir di tengah keluarga tidak sekedar kepala rumah tangga, tetapi juga sosok idola yang menjadi inspirasi teladan putra-putrinya.
            K. Basyir adalah sosok ayah yang bertanggung jawab, penuh dedikasi dan berfikir progresif. Perjuangan beliau untuk keluarga tak pernah letih, apalagi putus asa. Tidak sedikit perjuangan beliau untuk anak anaknya. Pada saat itu dibareng tidak ada tradisi sekolah. Sekolah formal di mata masyarakat bareng adalah tabu. Kendati demikian K Basyir menyurau anaknya sekolah. Setiap pagi beliau menggayuh sepeda hingga kudus kulon untuk mengantarkan putrinya sekolah. Saat itu beliau menyekolahkan putrinya dimadrasah Mualimat. Di mata masyarakat. KH. Ahmad Basyir  , sosok yang moderat dan menjadi pembaharu.
            Menghadapi masyarakat beliau tampil khas dan kharismatik. Kedatangan tamu yang beragam jenis dari berbagai penjuru, dengan karakte masing masing, dengan membawa masalah yang kompleks, beliau menghadapinya dengan santun dan hormat tanpa membedakan.
            Beliau orang yang tidak pemarah, dikerutan wajahnya yang bersinar itu, beliau selalu tersenyum segar. Senyum itu menjadi siraman rohani bagi orang yang beliau temui. Di mata santri dan masyarakat beliau adalah dermawan. Komitmen beliau jangan sampai santri rekoso dalam belajar. Beliau menangisi (memperjuangkan) anak dan santri (sungguh) luar biasa. Ujar KH. Badawi. KH. Ahmad Basyir memegang falsafah ilmu itu harus diamalkan walau hanya satu kali, kalau ingin manfaat.

Teladan
            KH. Ahmad Basyir adalah teladan yang patut kita contoh. Beliau adalah seorang ulama’ yang mentradisikan riyadhoh (laku prihatin) sejak mudanya hingga sekarang. Tradisi itu masih beliau pegangi hingga usia ke 88 tahun ini. Keseharian beliau dihabiskan untuk beribadah, berjama'ah, ngucal kitab kuning, ziarah, menyuguh tamu serta selebihnya untuk keluarga dan masyrakat.
Saat malam hari sehabis mendidik santri beliau istirahat sesaat. Disaat orang tertidur lelep beliau dipastikan bangun ba’da nisfu lail beliau melakukan rutinitas beliau seperti wirid, sholat malam dan ibadah lainnya hingga waktu subuh tiba. Saya tidak pernah melihat mbah Basyir tidur setelah jam dua belas malam. Ujar KH M. Jazuli.
            Sehabis menjadi imam jamaah sholat subuh di Masjid baitussalam, rutinitas beliau adalah berziarah ke makam masyayeh dan auliaya' sebagai guru beliau, yang sampai saat ini tidak pernah beliau tinggalkan. Itu adalah bentuk ta’dhim beliau tehadap para ulama’ yang telah mewariskan ilmu kepada beliau. Pada masa muda beliau terbiasa dengan puasa Dalail Khairat dan riyadhah lainnya, sampai akhirnya beliau diutus menjadi mujiz Dalail Khairat.
            Enome riyalat, tuwo nemu derajat, riyalat kuwi jiret weteng nyengkal moto demikian beliau memberi penyegaran rohani kepada para santri yang hendak mengamalkan tradisi riyadhah. Baik puasa dalail maupun riyadhah lainnya.  Menurut KH. Jazuli ungkapan itu diartikan sebagai bentuk usaha yang sungguh ketika masih muda baik dalam menuntut ilmu dan riyadah, ketika sampai waktunya orang tersebut akan mendapat kesuksesan  baik dunia maupun akhirat. Rasa ta’dhim yang beliau agungkan saat ini juga merupakan suri teladan yang niscaya kita teladani. Yang beliau tradisikan hingga saat ini adalah berziarah ke makam para auliya di lingkungan Jekulo, yang merupakan guru guru beliau. Disinilah simpul hubungan guru dan murid yang tak pernah putus, terus berkesinambungan.
            Banyak hal kida dapat teladani dari beliau, mulai dari kegigihan menuntut ilmu, kreatifitas hidup, perjuangan hingga akhlaqul karimah yang menjadi tempat kita berkiblat.  
 (  Nur Yansyah )

Sumber :  http://at-turats.com

2 komentar:

  1. Terimakasih pada Romo Yai Basir, atas ilmunya pada kami, semoga cepat sembuh dan diberi umur yang panjang, karena kita sangat butuh sekali keberadaan beliau.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum. Mohon maaf sy mau bertanya. Jika suami sy melaksanakan puasa dhalail. Apakah tdk boleh melakukan kwjb memberi nafkan batin thd istri nya. Mohon jwbn nya. Wassalam

    BalasHapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan