Salam

Senin, 12 November 2012

7 Obat Sakit Gigi Tradisional Untuk Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak

Cara mengobati sakit gigi dengan resep obat herbal bahan-bahan alami yang mujarab bisa menyembuhkan gusi bengkak atau gigi berlubang dengan cepat. Obat kimia tentu memberikan efek yang kurang baik jika terus dikonsumsi setiap kali sakit gigi.

Berikut adalah ketujuh resep nenek moyang yang ampuh mengobati sakit gigi:


1.      Minyak Cengkeh

Untuk meredakan sakit gigi, oleskan minyak cengkeh ke lubang gigi yang mengalami kerusakan. Cengkeh dinyatakan efektif meredakan sakit gigi. Selain itu, cengkeh juga mengurangi infeksi karena mengandung properti antiseptik.


Minyak cengkeh digunakan mengobati sakit gigi yang berlubang.

Cara menggunakannya ;


Ambil (cuil ) sedikit kapas kira kira cukup untuk dimasukkan pada lubang gigi. celupkan potongan kapas pada minyak cengkeh asal basah saja dengan jepit kapas atau lidi yang dilipat dua. Jangan sampai terlalu basah atau menetes minyaknya, jika terlanjur peras dikit kapas biar ga netes. Jika kapas terlalu basah yang dikhawatirkan akan menetes dalam mulut sebelum sampai masuk pada gigi yang berlubang. Wahh kalo sampe kejadian rasanya ga uenak ( getar istilah jawanya ) dan panas. bagi yang sensitif akan menimbulkan luka pada kulit atau gusi yang terkena minyak tersebut. Hal ini dialami sendiri oleh istri saya. Inginnya ngobati sakit gigi malah timbul sakit lain.


Jadi hati hati dalam proses perjalanan kapas berminyak menuju 
lubang yang dituju. Kalau mau aman minta tolong dengan orang lain disekitar kalau ada, kalau ga ada lakukan sendiri dengan cara menghadap cermin, buka mulut lebar-lebar dan pastikan cahaya ruangan cukup sehingga tampak jelas sasaran yang dituju ( lubang gigi kelihatan dengan jelas ) kalau dah siap maka luncurkan kapas berminyak tepat pada lubang gigi. Jangan lupa berdoa dulu sebelum melakukannya.(harus) 

Minyak cengkeh dapat diperoleh (dibeli ) di apotik atau toko jamu tradisional.

Alangkah baiknya sebelum terjadinya sakit gigi kita melakukan pencegahan gigi berlubang karena gigi berlubang merupakan penyebab utama timbulnya sakit gigi. Hal ini sangat penting bagi yang giginya masih utuh maupun bagi yang memiliki gigi berlubang supaya lubangnya tidak tambah parah dan tidak terjadi lubang pada gigi yang lain. Ada juga cara lain yang dapat untuk menghidari sakit gigi yaitu dengan menambal atau mencabut gigi berlubang yang kita punya. Mungkin ini saja yang bisa saya bagikan bagi anda yang sedang sakit gigi atau yang mau merawat giginya.

2.    Bawang putih

Banyak yang berpendapat bawang putih adalah yang paling efektif menghilangkan sakit gigi dibanding 
obat tradisional lainnya. Tak hanya itu, gigi yang telah disembuhkan juga akan semakin kuat dan sehat. Caranya, haluskan satu siung bawang putih dicampurkan dengan sedikit garam kasar kemudian tempatkan di area yang sakit.


Cara meracik bawang putih sebagai obat sakit gigi alami/herbal :

Ambil satu siung bawang putih lalu kupas kulitnya dan haluskan. Haluskan pake manual ja jangan pake blender biar mudah nyarinya. kalo pake blender nanti susah nyari hasilnya soale bawang yang diblender cuma satu siung, he he... lanjut setelah dihaluskan lalu dikumpulin dan dicampur dengan garam dapur lalu aduk sampe rata, bisa juga pake garam kasar tapi dihaluskan bareng ma bawang putihnya.


Cara Memakainya :


Masukkan pada gigi yang berlubang ataupun oleskan pada gusi yang bengkak. Mengenai rasanya yaitu sedikit panas dan juga gimanaaa gitu terasa dilidah. tapi ini ampuh dan alami. ga enak dikit gapapalah, namanya juga obat... Tahan sampai nyeri pada gigi reda dan waktunya relatif. maksudnya kalau masih pertama kali dan masih terbiasa memakai obat kimia biasanya agak lama. tapi kalo yang da lama cerai dengan obat kimia jika pake cara ini cepat
hasilnya dan ga mudah kambuh.

Sebenarnya masih banyak model atau cara alami yang dapat mengobati sakit gigi tapi cara tersebut sudah ampuh dan terbukti dapat menghilangkan sakit gigi. Moga jodoh (cocok) juga bagi sobat sekalian.



3.    Jeruk limau

Gigi berlubang, gigi tanggal, pembentukan plak gigi, sakit gigi, dan pendarahan gusi bisa dicegah dengan jeruk limau. Jeruk limau, sebagai sumber yang kaya vitamin C, sangat bermanfaat dalam mempertahankan kesehatan gigi dan tulang di bagian tubuh lainnya.


4.    Avokad

Keringkan/sangrai 1 biji avokad, lalu haluskan sampai menjadi bubuk. Setelah itu masukkan bubuk biji avokad ke gigi yang berlubang, kemudian tutup dengan kapas.


5.    Bawang merah

Komponen anti bakteri dikandung dalam bawang merah. Gigi bisa terlindung dari berbagai gangguan dengan mengunyah satu bawang merah setiap hari. Mengunyah bawang merah selama 3 menit dinyatakan cukup untuk membunuh semua kuman di mulut. Pada area gigi atau gusi yang sakit, tempatkan sepotong kecil bawang merah. Ini bisa meredakan sakitnya.


6.    Tepung lada

Jagalah kebersihan gigi dengan tepung lada, gunakan sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. Gigi sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.


7.    Cabai Hijau

Tempelkan pada gigi yang sakit cabai hijau secukupnya yang dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Gunakan secara teratur 2 kali sehari.


Disamping ke 7 obat traditional diatas, ada tips menarik untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi anda, yaitu dengan menggunakan Es balok, Es balok siap membantu meringankan sakit gigi Anda. Ah yang benar? bagaimana bisa hilang jika dinginnya saja membuat Anda ngilu? Ikuti triknya di sini, ambil sepotong kecil es balik dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan?

Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 - 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang. Lebih aman daripada pereda sakit kan?

Semoga bermanfa’at !


Sumber :  http://www.sehatalami.info
                 http://www.bagi.me

10 komentar:

  1. Bos tulisan yang atas dari mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ma'af lupa mencantumkan sumbernya boz, dari www.bagi.me

      Hapus
    2. Oke bro, Lebih tepatmya ini bro, lanjut maju teruus.... trims

      Hapus
    3. sudah saya pakai bawang putih ngak ngaruh, apa ada selain ini obat sakit gigi?

      Hapus
  2. makasih nih, kebetulan gigi lagi sakit,he he he he

    BalasHapus
  3. postingan yang sangat bagus dan menarik untuk dibaca tentang 7 obat sakit gigi tradisional untuk gigi berlubang dan gusi bengkak.... Saya suka mengunjungi blog ini.

    BalasHapus
  4. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ... Sy sdh 2 hr sakit gigi berlubang n berasa gusi bengkak,udah berbagai macam obat dicoba tp hasilnya nihil, stlh mencoba bawang pth + garam, rasa nyeri yg berasa dileher,telinga,kepala berangsur hilang,pdhl br coba 1x...walau hrs nahan perih n panas digusi tp bener2 mujarab. Kini tinggal berasa bengkaknya saja, tp rasa nyeri bener2 hilang. Kini aku bisa menikmati tidur malamku dgn nyenyak...besok pagi akan kucoba lagi...mksh infonya yg bermanfaat

    BalasHapus
  5. Bawang putih dan garam memang bener2 manjuuuur.. Ajaib dech..

    BalasHapus
  6. minyak cengkeh itu ampuh g ??? aman untuk mengobati sakit gigi ??

    BalasHapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan